cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
KEMBARA
ISSN : 24427632     EISSN : 24429287     DOI : -
Core Subject : Education,
KEMBARA diterrbitkan sejak April 2015 oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. KEMBARA memuat artikel hasil penelitian bahasa, sastra, dan pengajarannya, yang diterbitkan pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober" : 13 Documents clear
PERAN MKWU BAHASA INDONESIA SEBAGAI PENGUAT IDENTITAS DAN NASIONALISME MAHASISWA PTKI (STUDI PELAKSANAAN MKWU BAHASA INDONESIA DI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA) Nuryani Nuryani; Ahmad Bahtiar
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.8370

Abstract

Permasalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana peran MKWU Bahasa Indonesia dalam memperkuat identitas dan rasa nasionalisme mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Bahasa Indonesia di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam memperkuat identitas dan rasa nasionalisme mahasiswa. Mata kuliah Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah yang diajarkan di semua jurusan dan fakultas harus mampu mendukung dalam memperkuat identitas dan rasa nasionalisme mahasiswa. Dengan begitu mata kuliah ini tidak hanya diajarkan dalam rangka pemenuhan nilai semata. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data dilakukan melalui studi dokumen dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah peran MKWU Bahasa Indonesia dalam memperkuat identitas dan rasa nasionalisme mahasiswa diwujudkan melalui tagihan-tagihan yang diberikan. Tagihan tersebut diharapkan dapat menstimulasi atau mendorong mahasiswa memiliki sikap dan pemikiran kritis terhadap permasalahan yang dihadapi oleh bangsanya. Selain itu, beberapa tagihan yang diberikan juga mengungkapkan identitas yang mengedepankan visi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yakni keislaman, keindonesiaan, dan  kekeilmuwan, salah satunya memiliki rasa cinta terhadap bangsa dan negara serta penghargaan yang tinggi terhadap bahasa Indonesia.
Budaya Sunda pada Novel Perempuan Bernama Arjuna Karya Remy Sylado: Suatu Kajian Antropologi Sastra Chintya Bayu Lestari; Zuriyati Zuriyati; Nuruddin Nuruddin
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.8385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan budaya Sunda pada novel Perempuan Bernama Arjuna karya Remy Sylado. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Sumber data penelitian ini yakni novel Perempuan Bernama Arjuna karya Remy Sylado. Adapun data penelitian ini berupa kutipan kata, kalimat, wacana, atau paragraf yang menunjukan unsur budaya Sunda. Model analisis data menggunakan analisis data Philip Mayring. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk budaya Sunda pada novel Perempuan Bernama Arjuna karya Remy Sylado dikemas melalui unsur-unsur kebudayaan. Unsur budaya tersebut mencakup (1) sistem pengetahuan sejarah dan kesenian Sunda.  (2) Seni tembang. (3) Seni musik. (4) Organisasi sosial berkenaan dengan perkawinan adat Sunda. (5) Bahasa yang diungkapkan mengenai bahasa tulisan.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEBAHASAAN DALAM MENULIS TEKS CERPEN SEJARAH DI MAN 7 JOMBANG Rani Jayanti; Yesy Diah Rosita
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.9023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kompetensi kebahasaan dalam menulis teks cerpen sejarah siswa. Alasan utama peneliti mengadakan riset untuk mencari tahu tentang hal yang mempengaruhi meningkatnya kebahasaan setiap siswa terutama dalam menyusun teks cerpen sejarah yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian yaitu hasil uji coba pre-test dan post-test peserta didik MAN 7 Jombang mengalami perbedaan, dari nilai pre-test pada tabel 1 lebih rendah dengan rata-rata 79. Sedangkan, hasil dari nilai post-test lebih tinggi dengan rata-rata 84,13. Jadi, ada ketidaksamaan yang penting dalam penggunan pengembangan bahan ajar berupa modul. Bahan ajar modul dapat dinyatakan mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa secara efektif.
FAKTOR SOSIAL YANG BERPENGARUH TERHADAP PERGESERAN BAHASA LOWA Ibrahim Ibrahim; Ruslan Ruslan; Muhammad Nur Ashar Asnur; Yusniati N. Sabata; Muhammad Syahrul Kahar
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.9542

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor sosial dan faktor sosial yang dominan berpengaruh terhadap pergeseran bahasa Lowa terhadap pergeseran bahasa Lowa. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu, dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Data penelitian terdiri atas data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa ada tiga faktor sosial yang memengaruhi pergeseran Bahasa Lowa meliputi: (1) Faktor jenis kelamin; (2) Faktor umur); (3) Faktor Tingkat Pendidikan. Adapun faktor yang paling dominan memengaruhi pergeseran Bahasa Lowa yakni faktor umur. Bahasa Lowa sudah sangat jarang digunakan oleh anak-anak maupun anak muda, penutur bahasa Lowa umumnya adalah masyarakat yang berusia tua. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kondisi bahasa Lowa sudah berada di ambang kepunahan (nearly extinct).
IMPLEMENTASI PRINSIP KERJASAMA MAHASISWA MULTIKULTURAL DI KOTA MALANG Munawwir Hadiwijaya; Maya Rizki Amalyasari
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.9574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Prinsip Kerja Sama Grice pada mahasiswa multikultural yang belajar di Malang, berdasarkan pelanggaran, pembatasan, dan implikatur yang ditimbulkan. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari dialog yang muncul dalam interaksi sehari-hari antara mahasiswa multikultural di dalam dan di luar kelas di IKIP Budi Utomo Malang, yang didominasi oleh enam suku, yaitu: Jawa, Madura, Dayak/Pontianak, Sumba Flores, dan Makasar. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: (a) pelanggaran Maksim Kuantitas memiliki implikatur: penekanan, penolakan, dan dalam situasi di mana pembicara dan mitra bicara memiliki referensi yang sama dan anggapan yang sesuai; (b) Pelanggaran Kualitas Maxim memiliki implikatur: Menerka-nerka karena tidak yakin tentang informasi yang disampaikan, basa-basi untuk kesopanan, dan berkelit; (c) Pelanggaran Maksim Relevansi memiliki implikatur: penegasan pernyataan atau pendapat dari mitra tutur; (d) Pola Pelanggaran Maksim Cara bermotif: menjaga pembicaraan berlangsung lebih lama; (e) Pembatasan Maksim Kuantitas berpola: memberikan kesan kepada mitra bicara bahwa informasi yang diberikan mungkin tidak cukup lengkap; (f) Pembatasan Maksim Kualitas berpola: penutur tidak bertanggung jawab atas kebenaran kata-katanya; (g) Pembatasan Maksim Relevansi berpola: mengubah topik pembicaraan tanpa menyinggung mitra tutur; (h) Dalam penelitian ini tidak ada kasus Pembatasan Maksim Cara karena data yang diperoleh terbatas.
REPRESENTASI KONSEP RUANG DAN WAKTU DALAM NOVEL GLONGGONG KARYA JUNAEDI SETIYONO PERSPEKTIF EKOLOGI BUDAYA Sugiarti Sugiarti
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.9615

Abstract

Lingkungan dalam dimensi sosial tidak dapat dilepaskan dengan ruang dan waktu. Ruang dan waktu menarik untuk dikaji karena di dalamnya menyimpan makna yang dalam bagi kehidupan manusia secara total. Karya sastra menjadi dokumen sosio-budaya yang merekam berbagai kondisi yang terjadi pada suatu tempat dan masa tertentu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi dimensi ruang dan waktu perspektif ekologi budaya. Subjek penelitian novel Glonggong karya Junaedi Setiyono. Data dikumpulkan melalui kajian pustaka dan analisis wacana pada novel Glonggong. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representyasi ruang dapat dimaknai dalam konteks ruang publik dan ruang privat. Kedua ruang ini menyatu sehingga bersinergi untuk membangun karakter cerita secara keseluruhan yang menyaran pada pengetahuan yang dimilikinya. Representasi waktu berdimensi tidak tetap sehingga selalu terjadi perubahan dan tidak stagnan. Pada sisi inilah menempatkan ruang dan waktu tidak sesederhana yang dipahami karena keduanya memiliki cara dalam menyingkap kerahasian hidup yang bersifat mistis. Ruang dan waktu tidak pernah dianggap sebagai bentuk-bentuk murni atau bentuk kosong. Keduanya selalu berinteraksi dengan komunitas yang bergulir dengan tempat dan waktu.
EKSISTENSI MISTISISME DALAM NOVEL AMBA KARYA LAKSMI PAMUNTJAK Arif Setiawan, M.Pd; Musaffak Musaffak
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.9672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi mistisisme dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak. Hal ini didasari oleh realitas bahwa pengarang termasuk ke dalam generasi yang tumbuh dan berkembang di lingkungan modern. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa sekuen cerita dalam novel Amba karya Laksmi Pamuntjak yang menggambarkan eksistensi mistisisme. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak. Setelah semua data terkumpul, maka data dianalisis berdasarkan fokus penelitian yang lebih menekankan pada eksistensi mistisisme tokoh utama pada tataran sarengat/syariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam novel Amba menampilkan eksistensi mistisisme tokoh utama pada tataran yang paling rendah yaitu syariat/sarengat. Eksistensi mistisisme tokoh utama dibuktikan dengan tetap percaya terhadap semua takdir yang digariskan oleh Tuhan, namun masih ada perilaku yang condong pada (1) arwah-arwah leluhur, (2) keberadaan dewa-dewa, dan (3) pahlawan mitilogi seperti seorang dukun.
KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN TEKNIK UBAH DIARY MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG Susandi Susandi; Anita Kurnia Rachman
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.9754

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis cerpen dengan teknik ubah diary pada Mata Kuliah Menulis Fiksi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Budi Utomo Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2017 A dengan jumlah 54 orang. Langkah-langkah penelitian, yaitu (1) melakukan observasi tentang kesulitan mahasiswa dalam menulis cerpen, (2) penjelasan tentang teknik ubah diary, dan (3) penulisan cerpen dengan teknik ubah diary. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) pengamatan langsung ke sumber data untuk mengamati proses tindakan yang dilakukan, mengumpulkan data, mencatat dan mengamati proses pembelajaran dan aktivitas mahasiswa, (2) penggunaan catatan lapangan untuk mengetahui proses pembelajaran, dan (3) menganalisis hasil menulis cerpen menggunakan rubrik penilaian yang telah disusun. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penggunaan teknik ubah diary menghasilkan deskripsi keterampilan menulis cerpen pada mahasiswa. Deskripsi ini ditunjukkan dengan hasil tes menulis cerpen mahasiswa mencapai rata-rata 86,44% atau berkategori sangat baik. Terdapat 35 mahasiswa dengan nilai 85-100 kategori sangat baik atau 64,8%. Sebanyak 10 mahasiswa mendapat nilai 75-84 kategori baik atau 18,52%. Pada kategori cukup dengan nilai 65-74 atau 14,81% sebanyak 8 mahasiswa. Pada kategori kurang dengan nilai 0-64 atau 1,86% sebanyak 1 mahasiswa.
ANALISIS STRUKTUR NARATIF A.J. GREIMAS DALAM NOVEL LELAKI HARIMAU KARYA EKA KURNIAWAN Herlinda Yuniasti
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.9959

Abstract

Penelitian ini membahas novel Lelaki Harimau karya Eka Kurniawan untuk membantu pembaca dalam memahami runtutan alur novel serta wacana yang terdapat dalam novel. Teori yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah naratologi A.J. Greimas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berasal dari novel Lelaku Harimau karya Eka Kurniawan. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi struktur aktan, dilanjutkan dengan menyusun model fungsional. Analisis terhadap novel ini menunjukkan bahwa alur cerita novel Lelaki Harimau secara berurutan adalah Bab III – Bab II – Bab IV – Bab V – Bab I. Selain itu, hasil analisis juga menggambarkan fenomena kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Komar terhadap Nuraeni. Dengan demikian, dalam bentuk struktur maupun isi, Lelaki Harimau merupakan salah satu novel yang menyuarakan KDRT terhadap perempuan.
PENERAPAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN LKPD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS IX MTs. MUHAMMADIYAH 1 MALANG Gigit Mujianto, M.Si; Fida Pangesti
KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol. 5 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/kembara.v5i2.9983

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan modelSinektik berbantuan LKP interviu dan peta pikiran dan (2) kendala yang dialami guru dalam penerapan model Sinektik berbantuan LKP beserta alternatif solusinya. Untuk memenuhi tujuan tersebut, peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs. Muhammadiyah 1 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas IX-B yang berjumlah 21 orang. Data dalam penelitian ini berupa dokumen dan catatan lapangan yang diperoleh melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modelSinektik diterapkan dengan 5 tahapan yakni (1) mendeskripsikan masalah, (2) analogi langsung, (3) analogi personal, (4) konflik padat, dan (5) menulis cerpen. Model sinektik ini telah diterapkan dengan baik sehingga berimplikasi positif terhadap proses maupun hasil belajar siswa yang mencapai rata-rata kelas 86. Namun demikian, terdapat tiga kendala yang dihadapi guru yakni (1) kurangnya alokasi waktu pembelajaran, (2) kurangnya pemahaman siswa terhadap model yang diterapkan, dan (3) kurangnya penguasaan diksi dan gaya bahasa. Kendala tersebut diatasi melalui manajemen waktu, manajemen pengelolaan kelas, dan pemanfaatan media pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 13